Teori Organisasi Umum

Teori Organisasi Umum

RESUME MINGGU PERTAMA PRESENTASI

Kelompok 1 (ORGANISASI)

Dari presentasi kelompok 1 yang telah di paparkan  mengenai organisasi, menurut saya oganisasi merupakan sekumpulan orang banyak yang mempunyai visi dan misi yang sama. Dengan memiliki visi dan misi dalam sebuah organisasi  kegiatan di dalam nya akan berjalan dengan baik tanpa melupakan harapan yang ingin dicapai hingga memikirkan masa depan organisasi tersebut.

Dan penting nya organisasi itu sangat berperan penting bagi kelangsungan kehidupan seseorang, karena dengan ikut berorganisasi kita dapat mengeluarkan inspirasi atau pun pendapat kita di depan khalayak banyak. Belajar bagaimana bertanggung jawab dengan perkerjaan dalam kegiatan organisasi, bagaimana bersikap dengan orang lain, belajar menerima pendapat, menghargai sesama, dan mengajak suatu masyarakat untuk lebih berperan aktif  serta peduli terhadap masyarakat luas.

Dalam organisasi pasti ada baik dan buruk nya, berbicara mengenai pandangan masyarakat nya, dapat dilakukan cara dengan menyakini ke masyarakat bahwa organisasi yang di jalani adalah organisasi yang mempunyai integritas yang bagus untuk masyarakat. Dengan melakukan hal hal positif seperti membuat program untuk membantu orang orang yang kurang mampu. Seperti, mengadakan bagi bagi sembako, mengadakan baksos, mengadakan pembelajaran kepada anak anak jalanan serta kepada orang tua nya. Dan berbagai kegiatan positif lainnya di khalayak masyarakat luas. Itu lah yang bisa saya tangkap dari presentasi kelompok satu. Terima kasih.

Kelompok 2 (KONFLIK DALAM ORGANISASI)

Dari presentasi yang saya dan teman teman saya jelaskan dan diskusikan bersama dengan audiens. Seperti yang kita ketahui bersama  Konflik terjadi karena adanya perbedaan atau masalah yang terbentur satu sama lain , Konflik dalam organisasi itu pasti terjadi dan tidak dapat dihindarkan. konflik bisa terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok maupun konflik antara kelompok  dengan kelompok yang lain.

Meskipun konflik berpandangan negative namun konflik mempunyai keuntungan yaitu sebagai pengembang daya pikir, pemacu kreativitas, Sebagai alat pembelajaran dalam menyampaikan pandangan dengan jelas, dan mendorong ke arah perubahan, dan Sebagai katup pengaman (jika muncul konflik yang lebih intens).

Dan cara yang paling baik untuk memecahkan masalah itu adalah dengan melakukan KOMPROMI , karena kompromi itu sendiri memiliki arti bahwa pemecahan konflik dengan cara kedua belah pihak mencari jalan tengah. Dengan maksud bahwa jika suatu permasalahan itu di selesaikan oleh orang orang yang terlibat konflik maka yang mengatur jalan nya damai hanya mereka yang terlibat tanpa ada nya campur tangan orang lain. Iyaa itu lah yang saya pahami mengenai konflik dalam organisasi. Terima kasih.

Teori Organisasi Umum

RESUME MINGGU KEDUA PRESENTASI

Kelompok 3 (Pengambilan keputusan dalam organisasi)

Menurut saya mengenai pengambilan keputusan yang telah di jelaskan oleh kelompok ini adalah. Metode pengambilan keputusan paling ideal sebenarnya tidak ada yang ideal. Semua nya tergantung masalah yang dihadapi, juga tergantung organisasi nya itu sendiri. Jika ingin mengambil keputusan itu biasa nya ada yang mengikuti pimpinannya di dalam organisasi tersebut . seperti hal nya gaya kepemimpinan di dalam organisasi, apakah iya menindak tegas dalam pengambilan keputusan yang tepat, atau apakah iya hanya asal saja dalam mengambil keputusan.

Jikalau bisa seorang pimpinan harus mengkombinasikan tahapan pengambilan keputusan dengan cara disosialisasikan agar seluruh anggota menerima keputusan yang telah di buat, jika dalam pengambilan keputusan itu menyebabkan terjadi nya konflik, maka bisa di ambil jalan untuk melakukan musyawarah kembali, dan jika hal itu belum bisa di terima bisa dilakukan voting.

Dalam melakukan voting biasanya orang orang yang kalah suara mereka membuat kelompok baru, dan jika hal itu terjadi maka mereka akan mengeluarkan diri mereka dari organisasi tersebut karna merasa visi misi mereka sudah tidak sama dengan visi misi dalam organisasi itu. Dan hal itulah yang disebuat tidak mempunyai kedewasaan dalam organisasi.

Dan dalam metode pengambilan keputusan itu ada 4 salah satu nya dengan menggunakan kekuatan fisik, dalam metode ini sangat tidak baik untuk dilakukan karna tidak akan menyelesaikan masalah yang terjadi, dan lebih baik menerima keputusan yang ada. Dan dalam teknik pengambilan keputusan salah satu nya pengambilan keputusan modern ini melibatkan para ahli di bidang nya dengan memeriksa catatan masa lalu (masalah yang pernah di alami) dan dihubungankan oleh budaya yang saat itu berlangsung. Saya rasa cukup. Terima kasih.


Kelompok 4 (peran komunikasi dalam organisasi)

Menurut saya yang telah kelompok 4 jelaskan dapat di mengerti seperti hal berikut ini. Berkomunikasi itu sangat diperlukan dalam organisasi agar organisasi itu dapat berjalan dengan baik dan menjadi organisasi yang berintegritas. Disetiap organisasi itu harus mempunyai struktur komunikasi. Komunikasi yang paling ideal dengan face to face (bertatap muka secara langsung) agar lebih bisa terpahami bahasa tubuhnya , mimik nya (ekspresi). Sehingga, jika tidak face to face biasanya akan timbul masalah yaitu kurang nya pemahaman terhadap komunikasi yang berjalan.

Ada 2 cara komunikasi yaitu internal dan eksternal. Internal terdiri dari vertical dan horizontal yang di maksudkan misal nya komunikasi antara bos dan bawahan.  Komunikasi yang baik, jika kita berkomunikasi  harus menyadari level kita, jika kita berkomunikasi dengan bos, gaya bahasa yang kita gunakan harus baik, namun jika kita berkomunikasi antara kita dengan teman gaya berbahasa seperti apapun tidak akan menjadi masalah. Maka dari itu kita harus mempelajari banyak tentang gaya berkomunikasi yang baik.

Juga diiringi dengan pemilihan media yang sesuai, jika yang ingin di bicarakan banyak lebih baik  menggunakan telepon secara langsung terhadap orang yang bersangkutan. Sangatlah tidak baik jika kita membahas suatu pembicaraan yang banyak menggunakan media sms karna akan terjadi hambatan dalam berkomunikasi.

Adat atau budaya juga pemicu terjadinya hambatan dalam berkomunikasi karna bisa terjadi perbedaan makna. Dan prinsip organisasi ke masyarakat luar , kita harus memperkenal kan organisasi tersebut dengan mensosialisasikannya. Seperti melakukan kegiatan dengan lingkungan sekitar agar lingkungan sekitar menerima keberadaan organisasi tersebut. Saya rasa cukup. Terima kasih.

TEORI ORGANISASI UMUM

Resume minggu ketiga presentasi

Kelompok 5 (pengembangan dan perubahan organisasi)


Suatu organisasi  pada awal nya pasti selalu mendirikan organisasi kecil terlebih dahulu sebelum membesarkan organisasi tersebut, dengan menggunakan tahapan tahapan yang baik untuk mencapai target yang ingin dicapai dan mensukseskan organisasi tersebut.

Dan salah satu cara agar organisasi mencapai sukses kita harus mempunyai management. Management yang mengatur jalan nya suatu organisasi dengan melakukan perencanaan perkembangan dan perubahan sesuai dengan perkembangan zaman dan perubahan teknologi.

Perkembangan dan kemajuan teknologi juga merupakan penyebab penting dilakukannya perubahan. Penggantian perlengkapan lama dengan perlengkapan baru yang lebih modern menyebabkan perubahan dalam berbagai hal, misalnya: prosedur kerja, kualitas dan kuantitas tenaga kerja, jenis bahan baku.  hubungan pola kerja diubah karena adanya perlengkapan baru.

Perkembangan IPTEK terus berlanjut sehingga setiap saat ditemukan berbagai teknologi baru tidak memaksa organisasi untuk melakukan perubahan. Organisasi yang tidak tanggap akan teknologi tersebut akan tertinggal dan tidak akan sanggup survive. Maka dari itu pentinglah dalam suatu organisasi mengikuti perkembangan dan perubahan zaman.


Kelompok 6 (kepemimpinan dalam organisasi)

Prinsip kepemimpinan harus mempunyai tahapan, pemimpin harus bisa mengarahkan , harus bisa melatih bawahannya. Dan pemimpin harus menjadi seseorang yang partisipan yaitu pemimpin yang turut serta  turun ke lapangan dalam kegiatan . agar bawahan bisa respect ke pimpinan nya tersebut, dan berpengaruh pada kualitas kerja bawahan nya. Delegasi pemimpin tidak harus semua nya dia yang mengerjakan tapi harus di percayakan kebawahannya, agar tetap terjaga kharisma si pemimpin tersebut.

Jika dalam sebuah perusahaan besar , seorang pemimpin harus mempunyai divisi khusus yaitu divisi konseling. Yang juga biasa disebut sebagai management stress. Pemimpin sering kali mengalami masalah masalah yang amat sulit diselesaikan ketika si pemimpin itu stress, setelah si pemimpin melakukan konseling dan stress nya hilang. Si pemimpin bisa focus dengan masalah yang dialami dan masalah akan terselesaikan dengan baik.

Dan beberapa ahli mengatakan ada banyak tipe gaya kepemimpinan. Salah satu nya narsisme, dalam narsisme tersebut mempunyai nilai positif dan negative. Pemimpin harus mempunyai visioner atau pandangan pandangan baik agar di nilai positif. Pemimpin harus kayak dengan ide ide cermelang. Dan gaya kepemimpinan tidak selalu satu orang satu tipe.

Kecenderungan seseorang memilih pemimpin nya dengan melihat penampilan luar nya saja tanpa melihat kualitas pemimpin itu sendiri. Itu lah kelemahan dalam memilih pemimpin. Seharus nya kita melihat pemimpin tersebut dari mampu atau tidak nya dia mempimpin. Dan melihat royalitas dia terhadap rakyat/bawahannya/anggota.